Sabtu, 02 November 2013

Petualang Indonesia Wajib Mendaki Gunung-Gunung Ini

Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang menantang adrenalin. Selain melintasi medan berisiko tinggi, penguasaan terhadap diri sendiri juga diperlukan. Kalau mengaku petualang, cobalah mendaki gunung-gunung ini.


1. Gunung Slamet, Jawa Tengah



Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl. Gunung ini adalah salah satu tujuan favorit para pendaki, baik pemula maupun profesional. Padahal, Slamet adalah salah satu gunung yang cukup ekstrem.

Jalur Baturaden atau Kaliwadas bisa dikatakan paling ekstrem dibanding jalur-jalur lainnya. Sesaat sebelum puncak, setelah melewati batas vegetasi, pendaki langsung berhadapan dengan puncak Baturaden yang tipis dan berhadapan langsung dengan kawah aktif.


2. Gunung Semeru, Jawa Timur


Gunung yang 'booming' lewat film 5 Cm ini adalah yang tertinggi di Pulau Jawa, 3.676 mdpl. Selain trek yang cukup menantang, cuaca di gunung ini membuat pendakian menjadi ekstrem di waktu-waktu tertentu.


3. Puncak Cartenz, Papua


Inilah dia, sang raksasa, puncak tertinggi di Indonesia. Tiap pendaki pasti menyadari bahwa Cartenz adalah gunung ekstrem untuk didaki. 4.884 mdpl, puncak Cartenz adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang diselimuti salju abadi. Udara dingin tentunya menjadi kendala utama. Di lerengnya saja, suhu bisa mencapai 10 derajat Celcius.


4. Gunung Raung, Jawa Timur


Gunung Raung menduduki tiga wilayah yakni Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi. Puncaknya berada di ketinggian 3.332 mdpl, dilengkapi kaldera berbentuk lonjong dengan kedalaman sekitar 500 meter. Puncak gunung ini disebut 'Puncak Sejati'. Untuk mencapainya, ada 2 opsi jalur yakni Kalibaru dan Glenmore.


5. Pegunungan Latimojong, Sulawesi Selatan


Pegunungan Latimojong punya 7 puncak, yang tertinggi adalah Rante Mario (3.680 mdpl). Treknya curam, melewati hutan lebat dan kabut pekat. Terkadang Anda harus melewati derasnya sungai hanya dengan berjalan di atas kayu tipis di atasnya.

Mencapai puncaknya butuh perjuangan ekstra keras. Pendaki harus berhadapan dengan tebing-tebing ekstrem, dengan kemiringan sampai 70 derajat!


6. Gunung Kerinci, Jambi


Inilah gunung tertinggi di Sumatera sekaligus tertinggi kedua di Indonesia, 3.085 mdpl. Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini juga tergolong ekstrem untuk didaki, terutama karena cuacanya yang tidak tentu.


7. Gunung Leuser, Aceh


Empat jalur yang ada di Gunung Leuser dibuka langsung oleh tim Wanadri(Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung). Satu di antara mereka meninggal ketika menyeberangi sungai yang sangat deras. Sepertinya hal itu cukup membuktikan bahwa gunung ini termasuk ekstrem untuk didaki.

Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.404 mdpl. Untuk mencapai puncaknya, dibutuhkan waktu 9-10 hari tergantung cuaca dan kondisi fisik pendaki. Dikali dua jika dihitung perjalanan pulang.






0 komentar :

Posting Komentar